Selamat Datang di Website KPPN Kolaka

"Kick Off" Pelaksanaan APBN Tahun 2017 di Kolaka

23 Desember 2017
02:19:57 WIB

Kolaka, kppnkolaka.net - Penyerahan DIPA Tahun 2017 ini merupakan awal dari rangkaian proses pelaksanaan APBN Tahun 2017 yang telah disepakati oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) bersama Pemerintah pada akhir Oktober lalu, dengan maksud agar proses pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran dapat berlangsung lebih cepat, lebih merata, dan memberikan dampak multiplikasi (multiplier effect) yang lebih besar kepada kegiatan perekonomian.

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin, selaku Pemerintah Kabupaten Kolaka di dampingi oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kolaka, Bambang Sadewo, selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2017 kepada pimpinan instansi vertikal dan SKPD se Kabupaten Kolaka, Kab. Kolaka Utara dan Kolaka Timur, Kamis (22/12) di ruang SMS Berjaya, gedung sektertariat Pemda Kolaka. Acara tersebut dihadiri oleh para Kuasa Pengguna Anggaran dan pimpinan SKPD wilayah bayar KPPN Kolaka serta Pimpinan Perbankan wilayah kerja KPPN Kolaka.

Satuan Kerja yang terpilih untuk menerima DIPA Tahun 2017 secara simbolis oleh Wakil Bupati Kolaka dan penandatanganan Pakta Integritas antara lain Polres Kolaka yang diterima langsung oleh Kapolres Kolaka, Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Pomalaa yang diterima langsung oleh Kepala UPP Pomalaa dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka Timur yang diterima langsung oleh Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Kolaka Timur.

DIPA yang diserahkan pada kesempatan ini berjumlah 47 DIPA kepada 36 satker dengan nilai Rp 334,728,487,000. Dana APBN tersebut terbagi dalam 47 DIPA kewenangan daerah dan 1 DIPA tugas pembantuan.

"Penyerahan DIPA tahun 2017 dilaksanakan lebih awal agar pelaksanaan pembangunan dan pencairan anggaran di pusat dan daerah lebih cepat, sehingga secepat mungkin memberikan manfaat nyata kepada seluruh rakyat Indonesia" ujar Wakil Bupati Kolaka dalam sambutannya. Ditambahkan oleh Kepala KPPN Kolaka, saat ini sedang dilakukan perbaikan manajemen dan administrasi perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan anggaran antara lain melalui penataan Arsitektur dan Informasi Kinerja (ADIK) dengan tujuan memperkuat hubungan antara outcome, output, aktivitas, dan input. Dengan penyempurnaan tersebut, kinerja K/L akan menjadi tolok ukur dalam pengalokasian anggaran tahun berikutnya.

Di penghujung acara, Wakil Bupati Kolaka kembali di daulat dalam Penganugerahan “KPPN KOLAKA AWARD 2016” bagi tiga satuan kerja terbaik tahun 2016 antara lain Kejaksaan Negeri Lasusua yang memperoleh peringkat terbaik tiga, BPS Kabupaten Kolaka yang memperoleh peringkat terbaik dua, dan KP2KP Lasusua yang berhasil menduduki peringkat terbaik satu tahun 2016 ini.

KPPN Award adalah ajang penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh KPPN Kolaka. Beberapa unsur penilaian dari satker antara lain, Unsur Pelaksanaan Anggaran, Unsur Ketaatan Peraturan Perundang-undangan, dan Unsur Pertanggungjawaban Anggaran.

 

Oleh : Rx – Kontributor KPPN Kolaka

 

Tag
Share



0 Komentar

    Form Komentar

    Google Search

    Tag Cloud

    Artikel Terpopuler

    1.    Retur SP2D timbul akibat adanya

    Berita Terpopuler

    Jakarta, djpbn.kemenkeu.go.id – Dirjen Perbendaharaan

    Facebook Fanpage

    Banner